Sosialisasi Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN Kertamukti 03 Oleh KKM Tirtamukti.

0
96

Kabupaten Bekasi diteks.co.id – Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) Tirta Mukti Desa Kertamukti Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi, gelar Sosialisasi PHBS di Sekolah SDN 03 Kertamukti ,(6/11/2019)

Diketahui tim KKM yang hadir diacara tersebut terdiri dari ketua kkm Anwar Syahroni, fs dari tim A Kabupaten Bekasi,dan perwakilan dibidang kesehatan dari puskesmas sukajaya.

Ketua Kelompok Kerja Masyarakat(KKM) Tirtamukti Anwar Syahroni menyampaikan, kegiatan ini bagian dari Program Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat(PAMSIMAS. 3 ). Siswa yang mengikuti sosialisasi gerakan PHBS terdiri dari beberapa kelas kira-kira berjumlah 45 siswa.Usia sekolah merupakan masa keemasan untuk menanamkan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga berpotensi sebagai agen perubahan untuk mempromosikan PHBS, baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat,”terangnya.

Lanjut Anwar, Sekolah selain berfungsi sebagai tempat pembelajaran juga dapat menjadi ancaman penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Lebih dari itu, usia sekolah bagi anak juga merupakan masa rawan terserang berbagai penyakit.

Latar belakang pengadaan sosialisasi gerakan PHBS di sekolah karena munculnya berbagai penyakit akhir-akhir ini yang sering menyerang anak usia sekolah (usia 6-10). Oleh karena itu, penanaman nilai — nilai PHBS di sekolah merupakan kebutuhan mutlak dan dapat dilakukan melalui pendekatan. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). PHBS di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa serta guru agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat.

Diharapkan setelah time KKM Tirta Mukti melakukan gerakan ini akan (1) terciptanya sekolah yang bersih dan sehat sehingga siswa serta guru terlindungi dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit; (2) Meningkatkan semangat proses belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa; (3) citra sekolah sebagai institusi pendidikan semakin meningkat sehingga mampu menarik minat orang tua; (4) meningkatkan citra pemerintah daerah di bidang pendidikan; (5) menjadi percontohan sekolah sehat bagi daerah lain,”tandasnya.

Kegiatan Sosialisasi ini mendapatkan respon positif dan antusias dari pihak sekolah SDN 03 Kertamukti, keterangan salah satu guru program PHBS ini sudah diterapkan di sekolahnya sudah dua bulan yang lalu, ia berharap dengan adanya kegiatan ini kedepannya terealisasi dan lancar,”ungkapnya.

(Mursin/Irpan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here