oleh

SEJARAH PENAMAAN CANDI JIWA DESA SEGARAN BATU JAYA KARAWANG

Kab Karaawang Diteks Co.Id Candi Jiwa Memiliki mistis. Dari keterangan warga kampung sumur Jaya desa Segaran kecamatan batu Jaya karawang Jawa Barat 41354 yang menghuni daerah di dekat candi Jiwa, bahwa dulunya unur atau gundukan tanah yang menutupi candi tersebut dilewati oleh kambing. Dan kambing tersebut mati tanpa sebab yang jelas. Dari situ masyarakat kampung sumur Jaya desa Segaran kecamatan batu Jaya karawang sekitar menganggap tempat itu memiliki “Jiwa”, karena tidak hanya sekali, kambing yang melewati unur atau gundukan tanah tersebut mati tanpa sebab yang jelas.

Dari sumber lain dan warga sekitaran kampung sumur Jaya mengatakan Kata jiwa berasal dari “Syiwa” yaitu salah satu dewa dari agama hindu. Hal ini di dasarkan dari pengaruh aksen sunda yang mempengaruhi penyebutan nama Syiwa dari waktu ke waktu sehingga menjadi nama jiwa. Namun, Hal ini cukup dipertanyakan karena beberapa penemuan yang mengerucutkan bahwa candi Jiwa ini lebih kepada candi peninggalan Budha.

2. Sejarah Berdirinya Candi Jiwa dan Kompleks Candi Batujaya

Kompleks Candi BatujayaTidak banyak sumber yang menyatakan asal-usul berdirinya Candi Jiwa ini. Ada beberapa penemuan yang ditemukan di kompleks percandian Batujaya ini. Penemuan tersebut berbentuk tablet / lempengan batu yang berukir relief Budha, beberapa jenis keramik, Sebuah Prasasti terakota yang berisi arti mantra Budha, dan masih banyak lagi. Hal ini menunjukan bahwa bangunan ini merupakan salah satu bangunan peninggalan agama Budha. Dan hal ini diperkuat lagi dengan arsitek dari candi ini berbentuk seperti bunga teratai yang diduga diatasnya terdapat stupa dari Budha.

Dari sebuah analisis radiometri carbon 14 pada artefak yang telah ditemukan di komplek Percandian Batujaya menyebutkan bahwa candi-candi di kompleks ini dibuat pada abad ke-2 hingga abad ke-12, temasuk candi Jiwa. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penemuan prasasti dan , keramik China, votive tablet, dan arca-arca stucco yang ditemukan di kompleks candi Batujaya ini memiliki penanggalan absolute china dan juga bentuk tulisan palografi dari prasasti-prasasti yang ditemukan
Dari beberapa sumber diatas candi Jiwa diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Tarumanegara.

Penulis : ? Mursin / Adul

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed