Dansektor 13 Gencar Sosialisasi Citarum Harum Di Desa Sawit

0
25

Dansektor 13 Berikan Sosialisasi Program Citarum Kepada Masyarakat Desa Sawit

Diteks.co.id( Purwakarta)-Program Citarum merupakan program Pemerintah yang harus mendapat dukungan oleh seluruh komponen masyarakat dan juga merupakan program berkelanjutan dengan kurun waktu yang diberikan selama 7 tahun.

Terkait hal itu, Dansektor 13 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Nazwardi Irham memberikan sosialisasi program Citarum Harum kepada masyarakat Desa Sawit Kecamatan Darangdang Kabupaten Purwakarta, Sabtu (24/11).

” Percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai Citarum, menuntut kita semua untuk berperan aktif dan turut serta dalam menormalisasi sungai Citarum minimal ikut menjaga lingkungan agar program tersebut dapat terwujud,” Kata Dansektor.

Lebih jauh Dansektor 13 Kolonel Inf Nazwardi Irham memaparkan bahwa sekarang beras Kerawang tahan dimasak bisa berapa hari, pagi dimasak sore sudah basi kenapa karena padi saja tumbuhan meminum air yang sudah terkontaminasi berdampak kepada buahnya apa lagi ikan yang jelas-jelas hidup diair .

” Kita lihat hewan lepas atau kambing memakan sampah-sampah itu tidak layak dikorbankan, makanya sebelum korban ada petugas dari dinas peternakan untuk mengecek hewan itu dan dagingnya terkontaminasi kena penyakit atau tidak, kalau kena berarti tidak boleh dikorbankan agar masyarakat yang menerima tidak terkena penyakit, ” terang Dansektor 13.

Lebih lanjut kata Kolonel Inf Nazwardi, mengatakan Sungai Citarum sebagai pemasok pembangkit listrik untuk Jawa dan Bali.

” Kita harus bangga akan hal itui namun bila airmya sudah terkontaminasi alat pembangkit listrik generatornya tidak sesuai dengan usianya akan kropos, kalau mati 3 saja seperti kemaren kita sudah merasakan kelabakan “.tutur Dansektor.

Oleh karena itu, kata Dansektor, dirinya mengajak masyarakat untuk peduli dengan lingkungan kalau bukan bapak-bapak siapa lagi. Jangan mengandalkan Satgas Citarum Harum mereka tidak selamanya ada disini karena sewaktu-waktu Satgas bisa kembali ke kesatuannya masing-masing.(Pendam III/Siliwangi).

editor : dwi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here